Kamis, 10 September 2015

BERLATIH BELADIRI SILAT PERISAI DIRI

Lambang PD-New 2015
Tidak ada kata terlambat untuk berlatih bela diri, baik sudah di umur kepala 3x, 4x, 5x, Pelatih biasanya dapat menakar seberat apa latihan yang diberikan untuk kelompok umur tertentu, bulatkan tujuan anda berlatih beladiri, bukan jadi jagoan, tapi untuk menjadi Sehat, itu yang utama menurut saya.
Hmmm...Silat? Bagi sebagian orang begitu mendengar kata "Silat" mungkin akan langsung kebayang, Beladiri Melayu yang menari-nari..."kapan berantemnya woy!". Hehehe..tiap orang bebas beropini, tapi setidaknya sekalian saya sharing klarifikasi disini ya.. Gerakan "menari" tersebut disebut Kembangan, merupakan suatu pengantar, pengalih perhatian (distraction) sebelum dilancarkannya serangkaian serangan untuk melumpuhkan lawan. Dalam prakteknya pun gerakan silat sering rada "curang" karena menyasar ke titik-titik lemah, seperti kemaluan, mata, tenggorokan, kalau menyasar ke badan sih udah biasa.. Prinsip nya menyelesaikan pertarungan secepat mungkin, tanpa harus mengeluarkan tenaga yang berlebihan.  Itu teori-nyaaa...pada prakteknya..Alhamdulillah belum perlu kepakai sampai sekarang.
Saya gabung dengan Kelatnas Indonesia Perisai Diri (PD) sendiri sebetulnya juga rada-rada gak sengaja, dimulai jaman SMP - tahun 1993, sebetulnya waktu itu pengen banget ikut ekstrakurikuler basket - karena pengen tinggi, eh kok yah kuota mereka sudah penuh, jadilah saya beralih ke ekskul lain, yang menurut saya rada males (pada waktu itu)..Bela Diri. Rada males sebetulnya rada-rada trauma ikut bela diri sewaktu SD karena dipaksa. Terbayang latihan berat dan pelatih galak.. Eniwey..setelah gabung, saya merasa ada hal yang beda, ternyata pelatih nya gak galak..hehee..jadi walaupun latihan berat, karena pelatih baik, it doesnt matter for me.  Adalah prinsip keluarga dalam Perisai Diri yang membuat saya merasa di-ayomi, sesuai dengan salah satu prinsip PD dalam berlatih yaitu Asah-Asih-Asuh.
Setelah dari ikut ekskul tersebut di SMP, Alhamdulillah sewaktu di SMA ketemu lagi dengan ekskul PD, lanjut lagi deh, kalau di SMP saya sampai tingkat ke-5 yaitu PUTIH HIJAU, maka di SMA saya bisa sampai tingkat ke-6 HIJAU (cuma 1 tingkat, karena sempat gak naik tingkat sewaktu ujian). Lulus SMA, ketemu lagi sama PD di Universitas Airlangga Surabaya, lagi-lagi cuma bisa naik 1 tingkat, tingkat ke-7 yaitu HIJAU BIRU.
Setelah lulus kuliah tahun 2003, karena kesibukan kerja sebagai Auditor di sebuah KAP Big-4 (yang hobinya pulang malem), saya vakum latihan, sampai suatu masa di Juni 2014, karena bukan lagi jadi auditor dan merasa jenuh dengan rutinitas kantor, saya kembali mencari sebuah aktivitas baru untuk mengisi waktu, Alhamdulillah, teringat lagi sama PD, akhirnya bulatkan tekad, pasang muka tebel, dan join lagi latihan di PLN Trunojoyo Jakarta Selatan. Sempat terpikir bahwa awal bertemu lagi, saya akan disindir dengan pertanyaan klise "kemana, kenapa", tapi tidak tuh, para pelatih sangat mempersilahkan saya dengan rendah hati mengikuti latihannya lagi, legaaa dan bangga dengan sikap mereka..Awal-awal latihan lagi pun tidak ada kendala ingatan karena memang gerakan-gerakannya terus melekat di pikiran, walaupun 11 tahun sudah tidak mengikuti latihan, kalaupun ada kendala yah tidak lain dan tidak bukan yaitu STAAMIIINAAA...perlu beberapa minggu agar bisa bergerak lincah lagi dengan kecepatan "1 Detik, 2 Gerak".
Beberapa bulan latihan saya memutuskan untuk mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang tertunda, karena dulu sewaktu kuliah merasa belum mampu mengemban tanggung jawab, oh iya,,lupa bilang kalau UKT kali ini adalah untuk mendapat tingkatan Pelatih, tingkat ke-8, yaitu BIRU. Dan syukurlah saya bisa lulus, dengan title pelatih ini, tanggung jawab menjadi lebih luas, bukan saja berlatih, tapi juga melatih, dan mengembangkan silat PD ini secara umum. Tugas melatih saya salurkan di almamater SMA saya, SMAN 47 Jakarta Selatan, bersama beberapa alumni 90-an kami secara rutin berbagi tugas untuk melatih adik-adik di sekolah tersebut. Alumni-alumni inipun rata-rata sudah vakum sekian belas tahun, dan mencari hal yang sama, cari rutinitas baru dan menjadi sehat, karena kami sudah umur kepala 3x dan 4x.
Tujuan saya berlatih beladiri saat ini masih sama dari jaman SMP, bukaaan,,,bukaaan untuk jadi jagoan, tapi lebih untuk kesehatan plus bonus bisa membela diri bila diperlukan. Manfaat selama berlatih pun banyak baik Soft-skill maupun Physical advantage, Soft-skill saya belajar untuk Tanggung Jawab, Disiplin, Kesempatan untuk Mengajar, dan dari segi physical, lumayan bisa ngecilkan perut, dan memiliki kemampuan untuk menjaga diri, keluarga serta orang-orang sekitar jika. Buat saya olah raga ini malah relatif lebih aman daripada olah raga permainan (Futsal, Bulu Tangkis), karena saat latihan ritme nya lebih teratur, dan sedikit--sedikit ada latihan pernafasan, yang sangat penting menjaga kebugaran.
Tidak ada kata terlambat untuk berlatih bela diri, baik sudah di umur kepala 3x, 4x, 5x, Pelatih biasanya dapat menakar seberat apa latihan yang diberikan untuk kelompok umur tertentu, bulatkan tujuan anda berlatih beladiri, bukan jadi jagoan, tapi untuk menjadi Sehat, itu yang utama menurut saya. Jikapun anda berminat bergabung latihan bersama saya, kalau tinggal di daerah Jakarta Selatan, khususnya Bintaro dan sekitarnya, silahkan japri, dengan senang hati saya membantu.
P_20150219_094856
Salam,
Ibat

2 komentar:

  1. 1xbet korean - Legalbet.co.kr
    In order to get the best odds we use the free tip from our top tipster and the betting website as well as the free sports betting tipster's 1xbet скачать 2020 email.

    BalasHapus
  2. Slot Machines - JamBase
    Discover the thrill of slot machines with our interactive gaming machines. Play online slot machines like 익산 출장샵 penny 포항 출장샵 slots on mobile, tablet or mobile 여주 출장안마 device. 포항 출장샵 Get a  Rating: 김포 출장안마 5 · ‎1 vote · ‎Price range: $$$

    BalasHapus